Pengertian Digital Marketing: Jenis, Manfaat, dan Kelebihannya
Seiring dengan berkembangnya teknologi, strategi pemasaran kini beralih menggunakan media internet dan digital. Tingginya pengguna internet di Indonesia juga turut mendorong pertumbuhan digital marketing.
Ingin tahu apa itu digital marketing, contoh, dan kelebihannya? Simak artikel berikut, ya!
Apa Itu Digital Marketing?
Digital Marketing adalah penggunaan teknologi dan platform digital untuk mempromosikan produk atau jasa serta berinteraksi dengan audiens. Ini mencakup berbagai teknik dan strategi yang memanfaatkan media digital dan saluran online untuk mencapai tujuan pemasaran. Digital marketing melibatkan penerapan teknologi terkini untuk meningkatkan visibilitas merek, membangun hubungan dengan pelanggan, dan menghasilkan penjualan.
Digital marketing adalah praktik pemasaran yang menggunakan platform dan teknologi digital, termasuk internet, aplikasi mobile, dan media sosial, untuk menghubungi dan mempengaruhi pelanggan. Ini bertujuan untuk mengoptimalkan eksposur dan keterlibatan merek dengan audiens target melalui saluran digital.
Contoh Digital Marketing
Menurut Asosiasi Digital Marketing Indonesia, ada 10 jenis digital marketing yang berkembang saat ini, diantaranya:
Content marketing
Content marketing adalah jenis pemasaran daring yang berfokus pada pembuatan dan publikasi konten yang menarik untuk target konsumen. Contoh content marketing antara lain blog, video, dan podcast.
Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) adalah pembuatan traffic di internet yang bertujuan untuk menarik pengunjung pada website perusahaan. SEO harus mengoptimalisasi kata kunci yang relevan dengan artikel yang dibahas. SEO juga menumbuhkan traffic secara organik dan gratis.
Pay-Per-Click Advertising (PPC)
Metode ini sejenis dengan pemasaran Google Ads, di mana pengiklan akan membayar orang-orang yang berkunjung ke website dan mengklik iklan perusahaan.
Affiliate Marketing
Affiliate marketing merupakan salah satu strategi pemasaran daring yang memanfaatkan pelaku bisnis lain untuk mempromosikan produk dari perusahaan. Pelaku bisnis tersebut kemudian akan mendapatkan komisi dari penjualan produk atau besaran leads yang mengklik website perusahaan.
Search Engine Marketing (SEM)
Hampir sama dengan SEO, SEM juga bertujuan untuk meningkatkan traffic pengunjung pada website perusahaan melalui mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan Bing. Namun, SEM menggunakan sistem berbayar sehingga akan muncul sebagai iklan pada search engine.
Social Media Marketing (SMM)
Social Media Marketing (SMM) merupakan strategi pemasaran daring yang memanfaatkan media sosial. Penggunaan media sosial sebagai sarana penjualan juga dapat memudahkan perusahaan dalam menjalin hubungan dengan konsumen secara lebih mudah.
Email Marketing
Email marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan email sebagai media promosi. Email marketing juga berfungsi untuk menjalin hubungan dengan konsumen agar melakukan pembelian berulang serta menjaga hubungan baik dengan konsumen.
Instant Messaging Marketing
Metode pemasaran instan messaging marketing memanfaatkan penggunaan aplikasi pesan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan WeChat. Promosi dilakukan dengan mengirimkan pesan promosi secara personal kepada konsumen.